Tuesday, April 21, 2015

7 Hewan Tercepat di Darat


Berapakah kecepatan maksimal anda berlari? yang jelas gak sampai 100 km/jam kan, berdasarkan penelitian oleh para ilmuwan, manusia hanya dapat berlari dengan kecepatan maksimal yaitu sekitar 64 km/jam. Namun dalam dunia hewan, ada banyak hewan di dunia ini yang dapat berlari lebih cepat dari manusia.

Kecepatan di dalam dunia hewan dapat didefinisikan sebagai tingkat dimana predator dapat mendapatkan mangsanya atau mangsa yang dapat lari dari predatornya. Hal tersebut menjelaskan bahwa predator yang lebih cepat dari mangsanya atau mangsa yang lebih cepat dari predatornya akan tetap bertahan hidup. Dibawah ini merupakan hewan tercepat di darat yang diketahui sampai saat ini.

1. Cheetah

Di dalam hewan darat, Cheetah merupakan hewan tercepat, mereka menggunakan kecepatan mereka untuk berburu mangsanya. Cheetah di alam liar mampu mencatat kecepatan tertinggi hingga 149 km/jam. Namun dikarenekan degradasi lahan, sekarang ini Cheetah hanya dapat berlari dengan kecepatan 112 km/jam hingga 120 km/jam. Meskipun  Cheetah dapat berlari dengan kecepatan luar biasa, namun cheetah hanya dapat mempertahankan kecepatannya hingga sekitar 500 meter.

2. Pronghorn Antelop 

Pronghorn merupakan hewan mamalia endemik yang hidup di daerah bagian Amerika Utara bagian tengah dan barat. Pronghorn dapat berlari dengan kecepatan tertinggi hingga sekitar 98 km/jam. Meskipun Pronghorn kalah cepat dengan Cheetah, namun Pronghorn dapat berlari  dengan durasi kecepatan yang lebih lama, tidak seperti Cheetah yang hanya berlari cepat dalam jarak yang pendek.

3. Wildebeest

Wildebeest adalah anggota dari keluarga antelop yang hidup di dataran terbuka Afrika. Binatang ini merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan, mereka mengandalkan kecepatan untuk menghindari dari pemangsa yang ingin memangsanya. Wildebeest dapat berlari dengan kecepatan hingga sekitar 80 km/jam.

4. Singa

Singa sering dijuluki dengan raja hutan. Meskipun singa memiliki bobot yang berat yaitu lebih dari 250 kg, tapi Singa dapat berlari dengan kecepatan hingga sekitar 80 km/jam. Singa dapat berlari dengan cepat namun dalam durasi yang tidak lama.

5. Rusa Thomson
 
Merupakan salah satu jenis rusa yang diakui di dunia sebagai rusa terbaik, baik dari segi bentuk fisik, kecerdikan maupun kecepatannya. Mereka dapat berlari dengan kecepatan hingga sekitar 80 km/jam. Dalam menghindari mangsanya, Rusa Thompson berlari dengan cara zigzag yang membingungkan. 

6. Kuda

Kita sering tahu bahwa kuda merupakan alat transportasi yang dulu digunakan untuk berperang, itu karena kuda merupakan hewan yang dapat berlari cepat untuk ditunggangi. Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse yang bisa mencapai dengan kecepatan tinggi hingga sekitar 76 km/jam

7. Rusa Besar

Rusa besar atau Big Bull Moose merupakan hewan yang dapat berlari dengan kecepatan hingga sekitar 73 km/jam. Mamalia ini merupakan hewan terbesar di wiliayah Amerika Utara dan Asia Timur. Binatang menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa yang ingin memburunya Namun bagaimanapun melihat ukuran Rusa ini yang begitu besar, banyak pemangsa yang mengurungkan niatnya untuk memburunya.