Sunday, April 5, 2015

Fakta Tentang Hewan Iguana


Tahukah anda tentang hewan iguana? Iguana merupakan hewan reptil yang banyak dipelihara di indonesia, banyak orang tertarik memelihara iguana mungkin karena iguana merupakan hewan reptil yang dapat jinak, serta karena tampilan tubuhnya yang eksotis dan keren. Jika anda tertarik untuk memeliharanya, saya menyajikan beberapa fakta tentang iguana yang bisa dijadikan referensi untuk anda.

1. Iguana merupakan hewan herbivora
Jika anda berpikir iguana merupakan hewan berjenis karnivora seperti buaya atau komodo, anda salah, karena sejatinya iguana tidak makan daging melainkan iguana suka memakan tumbuh-tumbuhan seperti lobak hijau, kacang hijau, pisang, selada air dan sayuran kuning berwana oranye. Jangan sekali-kali memberikan iguana daging karena daging tidak baik untuk hewan iguana, sebab protein yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi asam urat, dan asam urat akan berubah menjadi gout yang pada akhirnya akan membuat iguana terserang komplikasi dan gagal ginjal.


2. Iguana dapat tumbuh menjadi besar
Iguana tidaklah seperti kadal-kadal di kebun yang tidak bisa berukuran besar, namun iguana dapat tumbuh hingga mencapai 1 meter atau lebih, jadi jika anda tidak suka hewan peliharaan yang besar saya sarankan untuk tidak memeliharanya.
3. Iguana merupakan hewan pemanjat
Iguana juga dapat memanjat, maka dari itu pastikan kandang yang diberikan kepada iguana peliharaan anda tersedia sesuatu barang yang bisa dijadikan untuk memanjat, karena memang di alam liar iguana suka memanjat pepohonan.

 4. Cahaya matahari diperlukan oleh iguana
Iguana membutuhkan cahaya matahari untuk menyerap nutrisi yaitu cahaya UVA dan UVB. Cahaya UVB berguna untuk memicu reaksi kimia di kulit iguana untuk membuat vitamin D3. Vitamin ini berguna untuk memproses kalsium dalam aliran darah iguana.

5. Iguana bukanlah hewan bodoh
Mungkin kita sering berpikir bahwa kebanyakan hewan reptil tidak baik untuk dijadikan hewan perliharaan, karena kebanyakan hewan reptil yang ada di alam liar merupakan hewan yang berbahaya,  namun untuk iguana sudah jelas bisa digunakan untuk hewan peliharaan karena terbukti banyaknya orang yang sudah memilihara iguana, serta beberapa pemilik hewan iguana juga sudah membuktikan bahwa iguana dapat dilatih seperti membuat iguana datang ke toilet sendiri atau membuat iguana mengetahui jalan pulangnya sendiri.

Itulah beberapa fakta iguana yang bisa saya sampaikan, mungkin masih banyak fakta lain tentang iguana yang tidak saya sertakan dalam artikel saya.